Rangkuman Seminar Kolokium

RINGKASAN SEMINAR KOLOKIUM
“Manajemen Pakan Sapi Potong Peranakan Ongole (PO) di  PT. Fortuna Megah Perkasa”
Kamis, 05 April 2018 di Ruang Rapat POLTANA MAPENA

Oleh:
Nama : Agus Pranoto
NIM : 301503003
Program Studi : Produksi Ternak

            Pada dasarnya sumber pakan sapi dapat disediakan dalam bentuk hijauan (dapat berasal dari rumput alam atau lapang) dan konsentrat (campuran dari beberapa bahan pakan untuk melengkapi kekurangan gizi dari hijauan pakan ternak) yang terpenting pakan harus memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin serta mineral.tujuan pemberian pakan dalam suatu usaha penggemukan sapi potong adalah untuk memperoleh pertambahan bobot badan secara maksimal yang sesuai dengan kebutuhan ternak baik dari segi kuantitatif maupun kualitasnya.

            Usaha untuk meningkatan pengadaan daging sapi dapat dilakukan dalam usaha feedlot. Feedolt adalah pemeliharaan sapi di dalam kandang tertentu, tidak dipekerjakan tetapi hanya diberi pakan dengan nutrient yang optimal untuk meningkatkan berat badan dengan kesehatan sapi (Darmono, 1993). Fungsi lain dari pakan adalah untuk mempertahankan daya tahan tubuh, hiduppokok, produksi, reproduksi dan kesehatan (Prasojo, dkk. 2015).

            Karena populasi sapi dan tingkat produktivitas ternak yang masih rendah menyebabkan produksi daging belum mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Keterbatasan ilmu pengetahuan yang membuat para peternak masih mengikuti pola-pola tradisional dan keterbatasan modal serta lahan yang menyebabkan para peternak sulit untuk mengembangkan usahanya.

            Metode yang akan digunakan, yaitu studi literatur, observasi, koleksi data,wawancara, dan dokumentasi. Variabel yang akan diamati, berupa: 1. Ketersediaan bahan baku, 2. Kapasitas produksi pakan, 3. Formulasi ransum, 4. Teknologi pembuatan pakan, 5. Produksi pakan, 6. Produksi daging.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Peternakan Sapi "Wahyu Utama" Bancar, Tuban

BIOSECURITY DAN PEMBIBITAN TERNAK RUMINANSIA